Video

Konsep pembangunan kawasan Danau Toba versi YPDT. (ist)

Konsep Pembangunan Kawasan Danau Toba versi YPDT

Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir memberi perhatian besar terhadap pengembangan kawasan wisata Danau Toba. Sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas, kaldera pun terus berbenah.

Terkini

Masyarakat Adat, Unsur Penting dalam Pariwisata

Pegiat masyarakat adat Abdon Nababan: masyarakat adat, unsur penting dalam pariwisata. (ist)

Pegiat masyarakat adat Abdon Nababan pernah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo bagaimana mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Toba. Menurutnya yang penting dilakukan adalah merevitalisasi identitas budaya masyarakat Batak.

Luhut Binsar Panjaitan: Orang Batak Perlu Lebih Kompak

Menko bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan saat berbicara di depan khalayak orang-orang Batak di acara ‘Pertemuan Kasih Pemerhati HKBP’ di Sopo DEL, Mega Kuningan, Jakarta.

Saat berbicara di depan khalayak orang-orang Batak di acara ‘Pertemuan Kasih Pemerhati HKBP’ di Sopo DEL, Mega Kuningan, Jakarta, Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, berkali-kali berpesan agar orang Batak menjaga kekompakan.

Entrepreneur Digital yang Berkampung di Kabanjahe

Entrepreneur Digital yang Berkampung di Kabanjahe. (ist)

Eka Namara Ginting adalah entrepreneur digital lulusan AS, tepatnya Carnegie Mellon Univesity. Dia lahir dan besar di Medan. Meski demikian keluarga besarnya berasal dari Kabanjahe yang rutin ia sambangi setiap liburan.

Mimpi Sait Buttu Saribu jadi Desa Kopi Dunia

Mimpi Sait Buttu Saribu jadi Desa Kopi Dunia. (Rano Kambo Hutasoit/kalderakita.com)

Kopi dari Simalungun ini telah mendapat hak paten secara geografis dari Kemenkum HAM pada tanggal 24 April 2015 yang disebut Arabika Sumatra Simalungun.

Masyarakat Adat Disepelekan

Wawancara Eksklusif dengan Abdon Nababan. (ist)

Presiden Jokowi sebenarnya telah sepakat untuk membentuk satgas masyarakat adat. Tujuannya agar sebelum program prioritas seperti infrastruktur jalan, air (irigasi), dan listrik dibangun, kepastian hukum terhadap hak-hak adat sudah diselesaikan terlebih dahulu.

Aspek Ke-Simalungunan yang perlu dikedepankan

Wawancara Eksklusif Marin Lukito Sinaga. (ist)

“Secara kultural, Simalungun masih mengalami trauma 1946 [peristiwa Revolusi Sosial]. Ada semacam perasaan waswas untuk memulai sesuatu, cenderung mencurigai keadaan sebagai keadaan yang tidak kondusif,” ucap dia.

Pesan untuk para Kepala Daerah Terpilih

Eka Ginting. (ist)

Pengembang pariwisata di kitaran Danau Toba sebaiknya tidak hanya mengandalkan keindahan alam belaka. “You need more,” kata Eka Ginting.

Maruap Siahaan: YPDT Sengaja Berjarak ke Pemerintah

Maruap Siahaan: YPDT Sengaja Berjarak ke Pemerintah. (ist)

Sejak menjadi Ketua Umum YPDT, Maruap Siahaan mengubah strategi kepemimpinan. Setidaknya ada dua hal yang ia tekankan betul menjadi landasan kebijakannya, pertama menggerakkan kekuatan dari bawah yang ia sebut down to earth untuk membangun grassroot. Kedua, membuat jarak dengan pemerintah. “Sekarang saya pilih memang membuat jarak dengan pemerintah,” katanya.

Profesor Midian Sirait, Sang Mentor

Profesor Midian Sirait, Sang Mentor

Wawancara Eksklusif dengan Maruap Siahaan, Ketua Umum Yayasan Pecinta Danau Toba (YPDT)