Video

Melongok Gua Purba di Humbang Hasundutan. (ist)

Melongok Gua Purba di Humbang Hasundutan

Wisata alam Seribu Gua resmi dicanangkan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan pada Desember tahun lalu. Berlokasi di Desa Banuarea, Kecamatan Pakkat, wisata baru ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Terkini

KJA Ditata Supaya Orang Datang Ke Danau Toba

KJA Ditata Supaya Orang Datang Ke Danau Toba. (ist)

Pemerintah telah bertekad menata keberadaan keramba jaring apung (KJA) yang tersebar di sejumlah kawasan di kitaran Danau Toba. Ini menjadi salah satu prioritas sebagai upaya mewujudkan Danatu Toba menjadi Destinasi Pariwisata Super Prioritas yang sustainable. 

Potensi Olahan Buah Endemik dari Samosir

Potensi Olahan Buah Endemik dari Samosir. (ist)

Mangga Toba yang tumbuh di kitaran Danau Toba sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Lahan di Pulau Samosir termasuk cocok untuk tanaman ini tumbuh dan berbuah baik.

Festival Mangga Toba, Ide Kreatif Warga Samosir

Festival Mangga Toba, Ide Kreatif Warga Samosir. (ist)

Ratnauli Gultom, pegiat lingkungan sekaligus inisiator wisata ecovillage di Desa Silimalombu, Kabupaten Samosir, menggagas festival yang ia sebut Festival Mangga Toba. Perhelatan yang baru pertama kali diadakan ini akan berlangsung selama seminggu mulai 28 Mei hingga 3 Juni 2021.

Konsep Pembangunan Kawasan Danau Toba versi YPDT

Konsep pembangunan kawasan Danau Toba versi YPDT. (ist)

Pemerintah dalam beberapa tahun terakhir memberi perhatian besar terhadap pengembangan kawasan wisata Danau Toba. Sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas, kaldera pun terus berbenah.

Masyarakat Adat, Unsur Penting dalam Pariwisata

Pegiat masyarakat adat Abdon Nababan: masyarakat adat, unsur penting dalam pariwisata. (ist)

Pegiat masyarakat adat Abdon Nababan pernah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo bagaimana mengembangkan pariwisata di Kawasan Danau Toba. Menurutnya yang penting dilakukan adalah merevitalisasi identitas budaya masyarakat Batak.

Luhut Binsar Panjaitan: Orang Batak Perlu Lebih Kompak

Menko bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan saat berbicara di depan khalayak orang-orang Batak di acara ‘Pertemuan Kasih Pemerhati HKBP’ di Sopo DEL, Mega Kuningan, Jakarta.

Saat berbicara di depan khalayak orang-orang Batak di acara ‘Pertemuan Kasih Pemerhati HKBP’ di Sopo DEL, Mega Kuningan, Jakarta, Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, berkali-kali berpesan agar orang Batak menjaga kekompakan.

Entrepreneur Digital yang Berkampung di Kabanjahe

Entrepreneur Digital yang Berkampung di Kabanjahe. (ist)

Eka Namara Ginting adalah entrepreneur digital lulusan AS, tepatnya Carnegie Mellon Univesity. Dia lahir dan besar di Medan. Meski demikian keluarga besarnya berasal dari Kabanjahe yang rutin ia sambangi setiap liburan.

Mimpi Sait Buttu Saribu jadi Desa Kopi Dunia

Mimpi Sait Buttu Saribu jadi Desa Kopi Dunia. (Rano Kambo Hutasoit/kalderakita.com)

Kopi dari Simalungun ini telah mendapat hak paten secara geografis dari Kemenkum HAM pada tanggal 24 April 2015 yang disebut Arabika Sumatra Simalungun.

Masyarakat Adat Disepelekan

Wawancara Eksklusif dengan Abdon Nababan. (ist)

Presiden Jokowi sebenarnya telah sepakat untuk membentuk satgas masyarakat adat. Tujuannya agar sebelum program prioritas seperti infrastruktur jalan, air (irigasi), dan listrik dibangun, kepastian hukum terhadap hak-hak adat sudah diselesaikan terlebih dahulu.

< 1234 >