Seni & Budaya

Acara adat Mangain (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)

MANGAIN (3)

inilah aku, Inang Rin Hindryati boru Jawa sulung empat bersaudara

Terkini

Tari Maduda, Ucapan Syukur Khas Simalungun

Tari Manduda khas Simalungun (foto: seringjalan)

Tarian Manduda merupakan gerak tari menumbuk padi hingga menjadi beras. Tradisi dan budaya ini masih terus dilestarikan.

Populerkan Tradisi Mardoton lewat Festival

Festival Mardoton bisa jadi magnit pariwisata Danau Toba (foto: Kawal Sumut)

Festival Mardoton kali ini jatuh pada Bulan Sipaha Sada (bulan pertama) pada Penanggalan Kalender Batak. Festival ini digelar di sepanjang bibir Pantai Tuktuk, Kabupaten Samosir.

Raminah Garingging, Tetap Eksis di Usia 87 Tahun

Raminah Garingging (foto: Istimewa)

Usianya tak lagi muda. Begitupun, Raminah Garingging, 87, tetap bergairah mengajarkan tortor (tari) Simalungun. Baginya, tarian itu tak sekadar hiburan tapi juga ritual sakral.

Uskup Anicetus Sinaga, Satu dari Segelintir Pemikir-Penelaah Setia Budaya Batak Toba

Acara Parmalim (foto: Serambi Indonesia)

Dari semua sosok yang istimewa ini, fokus bahasanku sekarang adalahAnicetus Bongsu Antonius Sinaga. Uskup Agung di Medan (2008-2018) ini seorang pemikir kebudayaan-Batak terkemuka. Karya tulisnya serba bermutu tapi, ironis betul, kurang dikenal oleh orang Batak sendiri.

Karya Kreatif Seorang Pebisnis Cindramata

Marihot Simanungkalit, Batak Toba asli (foto: Has)

Marihot Simanungkalit sesungguhnya bukan ekspatriat melainkan orang Batak Toba asli. Ayahnya berasal dari kawasan penghasil gerabah sehingga berjulukan ‘Sitopa hudon’ [pembuat periuk], Sipoholon. Ibunya, boru Sirait dari Hutaginjang, Parapat.

Pemerintah Ajak Mister Loo Investasi untuk Benahi Toilet di Danau Toba, Ini Alasannya

Toilet bersih bikin nyaman wisatawan saat ke Danau Toba (foto: Tempo)

Odo mengatakan Mister Loo memiliki standar terbaik di bidang sanitasi toilet umum berkelas premium. Hal itu nantinya diharapkan bisa membuat wisatawan domestik atau internasional bisa nyaman saat berwisata di Danau Toba.

Menelusuri Jejak Suku Batak Kuno di Balige

Kota Balige kini (foto: kompasiana)

Jejak peradaban suku batak dapat ditelusuri hingga sekitar 3.000 tahun ke belakang. Kala itulah peradaban batak yang masuk dalam ras suku proto melayu (melayu tua) dimulai. Suku ini terkenal mempunyai adat istiadat, tradisi, filosofi hidup dan kepercayaan yang tinggi.

< 123