Pemkab Pakpak Bharat Jalin Kerjasama dengan Yohanes Surya

Yohanes Surya penemu metode Gasing, belajar matematika jadi menyenangkan (foto: JPNN)
Yohanes Surya penemu metode Gasing, belajar matematika jadi menyenangkan (foto: JPNN)

PAKPAK BHARAT, Kalderakita.com: Pengembangan sumber daya manusia (SDM) menjadi satu dari sejumlah prioritas kebijakan para kepala daerah di Provinsi Sumatra Utara. Sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas dan lokasi pengembangan kawasan food estate, ketersediaan SDM yang mumpuni menjadi penting.

Pengembangan SDM dapat dilakukan lewat berbagai cara, salah satunya dengan mencerdaskan kemampuan matematika pada generasi muda.

Matematika biasanya dianggap sebagai mata pelajaran membosankan dan menakutkan. Namun bagi pakar matematika Prof. Yohanes Surya, pelajaran itu bisa menjadi menyenangkan dan mudah dipahami lewat metode yang dikembangkannya.

Pada Kamis (18/3) Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menandatangani kerja sama dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ), sebuah lembaga yang salah satu pembinanya adalah Yohannes Surya, edukator dan fisikawan Indonesia yang banyak menghantarkan siswa sukses menjuarai olimpiade matematika di tingkat internasional.

Penandatanganan yang digelar secara virtual karena masih pandemi, berlangsung di Ruang Rapat Sindeka, Gedung Sigellem Rempu, Kompleks Perkantoran Panorama Indah Sindeka, Salak.

Metode Gasing

Melalui kerja sama ini, YTIJ akan mengenalkan pembelajaran matematika dengan metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) yang dikembangkan oleh sang profesor.

Menurut Bupati Franc, metode Gasing ini jelas bermanfaat, efektif dan efisien guna menghadirkan generasi yang cerdas dan berkualitas pada ilmu matematika.

“Terbukti di beberapa wilayah, anak-anak yang sudah paham matematika dengan metode Gasing, dapat dengan mudah menjawab soal matematika tanpa perlu rumit menghafalkan rumus. Hal tersebut yang ke depan kita siapkan untuk generasi muda Pakpak Bharat,” katanya seperti dilansir di website resmi Pemkab Pakpak Bharat.

Sementara itu, Prof. Yohanes Surya yang juga hadir pada acara tersebut menimpali dengan mengatakan bahwa ini menjadi tantangan bagi dirinya dan YTIJ untuk melatih generasi se-Kabupaten Pakpak Bharat. Buatnya, ini merupakan hal yang luar biasa.

“Walaupun begitu, tujuan kami simpel saja yaitu setiap anak di Pakpak Bharat akan pandai berhitung”, tukasnya.

Yohanes Surya menambahkan, paham dan cerdas matematika akan membuat anak lebih percaya diri. Ia berjanji bahwa akan tidak membutuhkan waktu lama bagi para anak di Pakpak Bharat untuk memahami matematika dengan metode gasing.