Pemerintah Siapkan Stimulus untuk UMKM dan Pariwisata

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (foto: kompas)
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (foto: kompas)

JAKARTA, Kalderakita.com: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah akan memberikan stimulus untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan sektor pariwisata.

Stimulus diberikan untuk memulihkan perekonomian nasional. Namun, Luhut tidak menjelaskan secara rinci stimulus untuk sektor UMKM tersebut.

"Laporan yang saya dapat demand terus naik, juga nanti stimulus Rp 400 miliar (untuk UMKM) itu tanggal 20 bulan ini (April 2021) akan diluncurkan," ujarnya dalam sambutan Pembukaan UKM Jabar Paten secara virtual, Sabtu (3/4).

Tak hanya itu, pemerintah akan mulai mengucurkan stimulus Rp 2 triliun pada Juni untuk program Bangga Berwisata di Indonesia.

“Ini langkah pemerintah untuk aktif membangun ekonomi lebih kuat,” kata Luhut dalam siaran Kementerian Koperasi dan UMKM, seperti ditulis pada Minggu (5/4).

Luhut mengatakan selama setahun belakangan, sudah ada empat juta UMKM yang masuk digital. Pemerintah menargetkan angka digitalisasi usaha kecil mencapai 30 juta pada 2023 mendatang.

“Itu pekerjaan besar kami, dikaitkan dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” kata Luhut.

Khusus Jawa Barat, Luhut meminta Gubernur Ridwan Kamil hingga warganya untuk terus berkreasi mengembangkan usaha kecil dan menengah. Apalagi Presiden Joko Widodo telah memeri arahan untuk mengurangi impor.

“Jabar ini gudangnya anak muda yang kreasinya baik, maka bisa dimanfaarkan untuk produk dalam negeri,” ujarnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan akan ada 15 ribu UMKM yang terpilih akan dipromosikan pemerintah. Oleh sebab itu ia meminta warga Jabar untuk rajib berbelanja terutama produk UMKM.

“Bermacam-macam, mulai dari kuliner, sepatu, hingga batik,” katanya.