Sendirian, Togu Diterima Presiden Jokowi Pukul 10.30 Hari Ini

Togu diterima Presiden Jokowi (foto: FB)
Togu diterima Presiden Jokowi (foto: FB)

JAKARTA, Kalderakita.com: Pesan singkat Togu Simorangkir, pegiat sosial sekaligus inisiator aksi Jalan Kaki Tutup TPL, di akun Facebook-nya menyiratkan dirinya bakal bertemu Presiden Joko Widodo di Istana, hari ini, Jumat (6/8).

“Sampai kita bertemu di dalam Pak @jokowi.”

“Pargogoi au Tuhan. Berat kali pundakku ini.”

“Panjang Umur Perjuangan.”

 

Postingan pagi tadi yang disertai foto diri bersama gambar Presiden Jokowi sedang bersepeda dilihat sekitar 1.800 orang, bahkan 42 kali di-share.

Undangan untuk bertemu ‘empat mata’ dengan Presiden Jokowi tiba kemarin siang (Kamis, 7/8). Isinya mengabarkan bahwa cicit Raja Sisingamangaraja XII akan diterima Presiden pada Jumat (6/8), pukul 10.30; Tempat: Istana Kepresidenan Jakarta; Pakaian: Batik Lengan Panjang.

Surat pemberitahuan ini juga berisi permintaan agar Togu melakukan swab PCR di RS Bunda Cikini.

Pagi ini Togu memimpin doa sebelum rombongan TIM 11 berangkat menuntaskan aksi jalan kakinya yang tinggal 8 kilometer menuju Istana.

Dalam doanya yang disiarkan langsung lewat akun Facebook Togu, dia mengatakan: “Hari ini hari bersejarah. Hari ke-53, kita akan melanjutkan perjalanan terakhir sejauh 8 kilometer. Saya, mewakili TIM 11, masyarakat adat Bangso Batak, dan aliansi masyarakat Danau Toba, akan menyampaikan aspirasi. Bimbing kami [Tuhan] sehingga Presiden Jokowi menangkap apa yang ingin kita sampaikan.”

TIM 11 akan berangkat dari Bundaran Senayan, “lokasi terakhir kami ketangkol polisi Metro Jaya,” tulis Anita Martha Hutagalung, salah satu anggota TIM 11, di halaman Facebooknya.

Menurut Oni, demikian Anita akrab disapa, ini adalah salah satu permintaan yang diajukan Togu pada pihak Istana. “Dan dikabulkan dengan syarat kami harus mengirimkan data anggota TIM 11. Dan tidak diperkenankan lebih dari itu.”