Sipinsur, Bintang Kemilau Humbang Hasundutan

Sipinsur nan elok (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)
Sipinsur nan elok (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)

HUMBANG HASUNDUTAN, Kalderakita.com: Panorama Sipinsur Park Geosite memang eksotik. Lihatlah foto-foto di atas biar gambarannya lebih benderang. Pulau Sibandang yang berluas 461 hektar menghempang di bawah. Laksana dekat saja padahal nusa yang nama lainnya Pulau Pardepur  masih lebih dari  650 meter jaraknya dari bibir pantai nun jauh di kaki bukit ini. Kalau menggunakan istilah fotografi, negeri penghasil mangga tersebut  semacam latar depan. Adapun yang menjadi latar belakang adalah Nainggolan, sebuah titik jauh di Pulau Samosir.

Di kiri Sipinsur berada teluk Bakara sedang di kanannya teluk Muara.  Ke arah mana pun mata menyapukan pandangan, alam elok yang tampak. Menghadap danau, misalnya, deretan pohon pinus membentuk semacam hutan mungil. Jadi, siapa yang tak suka?

Sipinsur (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)

Sipinsur bagian dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbanghas) meski berbatas langsung dengan Muara. Terletak di kanannya, Muara—kota kecamatan yang sejak lama identik dengan mangga—bagian dari kabupaten lain:  Tapanuli Utara.

Seperti Huta Ginjang, obyek wisata yang tak jauh darinya, Sipinsur berada di kawasan  ketinggian yang di kakinya membentang Danau Toba. Tentu udaranya sangat sejuk kalau bukan dingin. Pohon-pohon tusam yang bergerombol di sana-sini menggarisbawahinya.

Dibanding Sipinsur, Huta Ginjang sebenarnya jauh lebih dulu dikenal khalayak luas sebagai tempat perlancongan.  Namun, dalam beberapa tahun terakhir keadaan terbalik.  Sipinsur melesat sendiri. Ia diuntungkan oleh infrastruktur yang lebih lengkap dan mutakhir. Pula, oleh pewartaaan yang terbilang gencar. Tempat ini memang acap didatangi petinggi negara. Presiden Joko Widodo dan sejumlah menterinya termasuk yang sudah melongoknya lebih dari sekali.

Sipinsur (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)

Sejak dipimpin Bupati Dosmar Banjarnahor, Humbanghas telah diistimewakan pemerintah pusat. Sebabnya? Sang kepala daerah memiliki hubungan khusus dengan RI-1, antara lain. Pembangunan pun menjadi maju di sana termasuk di sektor pariwisata. Sipinsur sangat terangkat olehnya. Ia pun menjadi bintang kemilau kabupaten dan provinsi.