Siswa dan Guru di Pakpak Bharat Ikuti Pelatihan Matematika Gasing di IT Del

Suasana belajar matematika Gasing di IT Del (foto: IT Del)
Suasana belajar matematika Gasing di IT Del (foto: IT Del)

PAKPAK BHARAT, Kalderakita.com: Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor terus berkomitmen membangun sumber daya manusia yang mumpuni. Salah satu yang dilakukannya adalah lewat pendidikan. Caranya, dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pelajar agar dapat mengecap pendidikan dengan kualitas pengajar yang baik.

Oleh karena itu, ketika beberapa waktu lalu Yayasan Del menggelar pelatihan metode matematika bersebutan Gasing, pemerintah kabupaten ini pun segera menyiapkan putra didik anak-anak kelas lima sekolah dasar untuk ikut program tersebut.

Gasing merupakan singkatan dari gampang, asyik dan menyenangkan. Ini adalah metode matematika temuan pakar matematika Prof. Yohannes Surya yang akan membimbing langsung pelatihan selama satu bulan di IT Del.

Lewat metode Gasing, Yohannes berharap anak-anak dapat menguasai materi matematika kelas 1 hingga 6 SD dengan gampang, asyik, dan menyenangkan. Jadi, matematika tak lagi menjadi momok menakutkan bagi siswa. Mereka tak perlu lagi menghindarinya.

Bupati Pakpak Bharat ikut mendampingi Menkomarinves Luhut di IT Del (foto: Pemkab)

Lewat metode matematika Gasing tersebut anak-anak diajarkan bagaimana cara mengoptimalkan otak kanan yang selama ini mungkin sering diabaikan.

Pelatihan yang digelar sejak 3 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 ini merupakan ide pembina Yayasan Del, Luhut Binsar Pandjaitan, yang ingin agar kemampuan metematika anak-anak di Kawasan Danau Toba meningkat.

Kamis (24/12) lalu, Bupati Franc turut mendampingi Luhut yang juga Menteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi saat meninjau pelaksanaan pelatihan matematika metode Gasing di IT (Institut Teknologi) Del, Laguboti, Kabupaten Toba.

Total peserta yang mengikuti pelatihan Gasing tersebut ada 90 orang. Mereka adalah 30 guru dan 60 siswa yang berasal dari Kabupaten Toba, Humbang Hasundutan, dan Pakpak Bharat. Jadi, setiap guru akan mendampingi dua siswa selama pelatihan tersebut.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor berharap para siswa dan guru sekolah dasar yang mengikuti pelatihan ini bisa menularkan kepada yang lain serta bisa menerapkan metode Matematika Gasing ini di sekolah masing-masing.