Presiden Akan Tanam Pohon di Humbahas

Danau Toba nan asri peru dijaga (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)
Danau Toba nan asri peru dijaga (foto: P Hasudungan Sirait/Kalderakita.com)

JAKARTA, Kalderakita.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat berencana mengunjungi Kabupaten Humbang Hasundutan, Provinsi Sumatra Utara. Tepatnya, ke Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja. Di sana, Presiden akan melakukan penanaman pohon produktif di area bantaran Danau Toba.

Sejumlah persiapan telah dilakukan. Baru-baru ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Burbaya Bakar melakukan kunjungan kerja ke Humbahas, mengecek kesiapan lokasi penanaman pohon.

Bersama Bupati Dosmar Banjarnahor, Menteri Siti Nurbaya meninjau Desa Simangulampe pada Jumat (7/1).

Kunjungan Kerja Menteri LHK Siti Nurbaya ke Humbahas (foto: Pemkab)

Turut hadir dalam kunjungan kerja ini Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Bambang Supriyanto, Dirjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Lahan (PDASRH) Dyah Murtiningsih, Direktur  Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian Daerah Aliran Sungai (PEPDAS) Saparis Soedarjanto,  Kadis Kehutanan Provsu Ir. Herianto, M.Si, Sekda Humbahas Drs. Tonny Sihombing, M.IP, Kasat Binmas Polres Humbahas AKP Daryanto, Pimpinan OPD dan Camat.

Komitmen Bersama

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Tohir bersama PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) serta BUMN lain, juga Pemkab Toba melakukan penanaman pohon di daerah tangkapan air Danau Toba di Desa Sionggang Tengah, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada Minggu (9/1).

Menteri Erick Thohir menyebut program penanaman pohon ini merupakan komitmen Indonesia dalam menciptakan ekosistem Danau Toba yang lebih baik dan bersih, sekaligus merupakan langkah Indonesia dalam mengurangi dampak pemanasan global.

“Pohonnya [juga] bisa digunakan untuk kebermanfaatan masyarakat.”

Program ini menurut Erick bukan hanya sekadar penanaman pohon, tetapi ia juga ingin agar pohon ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menteri Erick Thohir menanam pohon di bantaran Danau Toba (foto: realitas online)

“Kapasitas pohon adalah sebagai penyumbang oksigen. Untuk itu, saya mengapresiasi para BUMN dan Pemkab Toba yang telah terlibat dalam program ini,” lanjutnya.

Pihaknya menargetkan penanaman 1,1 juta pohon di seluruh Indonesia. Sebagian atau sekitar 460.000 pohon akan ditanam di Kawasan Danau Toba.

Beberapa BUMN turut andil dalam kegiatan ini antara lain Holding Perkebunan Nusantara PTPN III, PT INHUTANI IV, Perum Jasa Tirta 1, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 4 Balige, dan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) 13.

Juga turut diundang Forkopimda Kabupaten Toba yang dihadiri langsung oleh Bupati Toba Poltak Sitorus.

Kegiatan ini merupakan bentuk kesadaran BUMN untuk turut ambil bagian dalam mengatasi lahan krisis yang perlu segera direhabilitasi di Kawasan Danau Toba.